Selasa, 09 Februari 2010

Apa Sih Embedded System Itu?

Apa sih Embedded System itu? Yup, apakah ini pertanyaan yang pernah terlintas di benak kita? Mari saya paparkan sedikit tentang Embedded System ini. Sedikit saya terjemahkan dari Wikipedia.

Embedded System adalah suatu sistem komputer yang didesain untuk mengerjakan satu atau beberapa pekerjaan tertentu saja yang seringkali dipaksakan untuk bekerja secara real-time. Kata embedded sendiri bisa berarti ditanamkan, bisa berupa perangkat keras dan perlengkapan mekanik lainnya. Sebagai perbandingan, general-purpose computer, seperti Personal Computer (PC) didesain secara fleksibel untuk mengerjakan berbagai macam kebutuhan pengguna seperti mengetik, mendesain gambar, bermain, membuat program, dll.

Secara tidak sadar saat ini kita hidup di dunia serba embedded. Hand phone yang kita pakai, ATM di mall-mall, mesin cuci di rumah, bahkan layar televisi milik saya yang masih 14" itu pun termasuk embedded system.

Embedded system dikendalikan oleh satu atau lebih main processing cores seperti mikrokontroler atau suatu Digital Signal Processor (DSP). Karakteristik dari embedded system ini adalah dedikasinya dalam menangani perkerjaan tertentu yang membutuhkan prosesor yang handal.

Karena kekhususannya untuk menjalankan pekerjaan tertentu maka desainer embedded system ini dapat mengoptimasi, mengecilkan ukurannya, dan menurunkan harga dari embedded ini tanpa mengurangi kehandalan produknya. Beberapa dari embedded system diproduksi massal, terutama yang berkaitan dengan consumer product.

Jadi, dilihat secara kasat mata cakupan embedded system sangat luas, dimulai dari alat-alat elektronik portabel seperti jam digital dan hand phone sampai instalasi besar seperti lampu lalu lintas, pengendali di pabrik, atau sistem kendali nuklir. Kerumitannya juga bervariasi, dari sederhana dengan sebuah chip mikrokontroler, sampai yang paling rumit yang terdiri dari beberapa unit, perlengkapan, dan jaringan yang terhubung terhadapnya.

Nah, bisa ditangkap kan apa sebenarnya embedded system itu? Untuk penjelasan lebih detail mungkin nanti saya bahas di tulisan tersendiri.

Referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/Embedded_system

2 komentar:

  1. saya mau tanya, kalau embedded system untuk robot penerapannya pada apanya??
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Ya jelas pada processing-nya. Misalkan sebuah robot otomatis sederhana menggunakan mikrokontroler AVR 8-bit sebagai "otaknya", kemudian software dibenamkan pada memori flash mikrokontroler tersebut. Sistem ini sudah bisa dikatakan Embedded System karena secara umum robot tersebut dapat melakukan pekerjaannya sendiri tanpa ada canpur tangan orang lain yang menggerakkan.

    BalasHapus